Tautan-tautan Akses

Patreus: Transisi Pasukan Keamanan Afghanistan akan Segera Dimulai

  • Susy Tekunan

Jendral David Petraeus, komandan U.S. and NATO di Afghanistan, berbicara di sidang Komisi Angkatan Bersenjata Senat Amerika mengenai Afghanistan

Jendral David Petraeus, komandan U.S. and NATO di Afghanistan, berbicara di sidang Komisi Angkatan Bersenjata Senat Amerika mengenai Afghanistan

Strategi pengiriman tentara baru berhasil memaksa mundur Taliban dan memungkinkan penarikan kembali sebagian tentara sesuai jadwal.

Komandan Amerika dan NATO di Afghanistan mengatakan pasukannya telah membuat kemajuan penting melawan Taliban sehingga memungkinkan sebagian tentara mulai ditarik bulan Juli sesuai rencana.

Namun Jendral David Petraeus hari Selasa juga memperingatkan bahwa penarikan itu akan dilakukan secara bertahap untuk memastikan tentara Afghanistan dan pejabat pemerintah bisa menjaga kawasan yang menjadi tanggung jawab mereka.

Petraeus mengeluarkan komentar itu dalam sidang Komisi Angkatan Bersenjata Senat Amerika mengenai Afghanistan. Ia mengatakan pengiriman gelombang tentara baru-baru ini telah memaksa mundur Taliban dari kawasan-kawasan penting dan ia mengulang pandangannya bahwa perlawanan pemberontak telah berhenti di sebagian besar negara itu dan malahan telah berbalik di beberapa kawasan-kawasan penting termasuk di provinsi Kandahar dan Helmand.

Namun jendral itu juga mengulang peringatan bahwa kemajuan itu rapuh, dan kurangnya pendanaan untuk membangun kembali proyek-proyek dan infrastruktur sipil bisa “mengorbankan” sukses transisi ke tangan Afghanistan

Petraeus mengatakan Amerika “hanya punya satu kesempatan untuk melakukan transisi yang sukses dan harus melakukannya dengan baik”

XS
SM
MD
LG