Tautan-tautan Akses

Pasukan Yaman Kuasai Mukalla


Peta wilayah Yaman dan letak kota Mukalla..

Peta wilayah Yaman dan letak kota Mukalla..

Para pejabat keamanan di Yaman mengatakan mereka telah merebut kembali kota Mukalla di Yaman selatan, sehari setelah muncul berbagai laporan bahwa pejuang Yaman menewaskan lebih dari 800 militan al-Qaida dalam serangan tunggal.

Pasukan Yaman memasuki Mukalla Senin malam (25/4) setelah serangan udara besar-besaran selama dua hari terhadap kota pantai yang telah dikuasai oleh al-Qaida di Semenanjung Arab itu selama setahun ini.

Pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi di Yaman, Senin (25/4) mengatakan mereka menewaskan lebih dari 800 pejuang al-Qaida dalam serangan tunggal di kota itu.

Korban tewas yang diklaim oleh koalisi itu tidak bisa dikukuhkan secara independen. Komando koalisi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa beberapa pemimpin al-Qaida termasuk di antara mereka yang tewas. Juga dinyatakan bahwa seluruh militan yang tidak terbunuh dalam serangan itu melarikan diri.

Aksi militer itu merupakan bagian dari upaya internasional untuk mendukung pemerintah Yaman dan mengerahkan pengaruh atas kota-kota di Yaman yang berada di bawah kendali al-Qaida, kata pernyataan itu.

Koalisi juga berharap untuk “memungkinkan upaya bantuan kemanusiaan yang lebih intensif di kota-kota itu dan meringankan penderitaan saudara-saudara rakyat Yaman.”

Sejauh ini tidak diketahui apakah ada warga sipil yang tewas dalam pertempuran itu. [lt]

XS
SM
MD
LG