Tautan-tautan Akses

Pasukan Uni Afrika dan Somalia Rebut Kembali Beberapa Kota dari Al-Shabab


Pasukan Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) (Foto: dok).

Pasukan Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) (Foto: dok).

Pasukan Somalia dan pasukan Uni Afrika telah merebut kembali sejumlah kota dari militan al-Shabab dalam apa yang mereka katakan upaya baru untuk mengusir kelompok itu dari kubu di negara itu.

Salah satu daerah di sana adalah kota Burdhubo, yang merupakan salah satu basis terbesar al-Shabab di Somalia selatan. Pasukan itu dari Misi Uni Afrika di Somalia, yang dikenal sebagai AMISOM, dan Tentara Nasional Somalia merebut kembali kontrol di sana hari Minggu setelah sehari pertempuran.

Kolonel Ali Hamud, juru bicara AMISOM, mengatakan kepada VOA (bahasa Somalia) bahwa para pejuang al-Shabab terutama mundur ketika mereka melihat pasukan AMISOM, tetapi itu masih harus dilihat jika mereka berencana untuk bukannya terlibat dalam perang gerilya.

Kota-kota lain yang telah diklaim kembali oleh tentara Somalia dan AMISOM sejak Jumat termasuk Weel Dheyn, Wajid, Rabdhure Ted dan Hudur. Kota-kota itu berada di wilayah Gedo dan Bakool dekat perbatasan Ethiopia dan beberapa ratus kilometer dari Mogadishu, ibukota Somalia, Mogadishu.
XS
SM
MD
LG