Tautan-tautan Akses

Pasukan Suriah Tewaskan 25 Orang Selagi Pemantau Liga Arab Kunjungi Kawasan Lain


Seorang dokter (kiri) merawat dua orang warga di Baba Amr, provinsi Homs, yang terluka akibat tembakan pasukan Suriah (26/12).

Seorang dokter (kiri) merawat dua orang warga di Baba Amr, provinsi Homs, yang terluka akibat tembakan pasukan Suriah (26/12).

Sekitar 60 orang pemantau Liga Arab kini berada di Suriah untuk memeriksa janji pemerintah untuk menghentikan kekerasan.

Para aktivis mengatakan pasukan Suriah membunuh sedikitnya 25 orang hari Kamis selagi para pemantau Liga Arab meninjau ke seluruh pelosok negara itu untuk mengecek apakah pemerintah mematuhi janjinya untuk mengakhiri penumpasan terhadap pemberontak.

Organisasi Pengamat HAM Suriah mengatakan pasukan keamanan melepaskan tembakan ke arah ribuan demonstran di Douma di pinggiran Damaskus, menewaskan sedikitnya empat orang. Beberapa warga mengatakan para pemantau Liga Arab berada di daerah tersebut pada saat kejadian.

Para aktivis mengatakan kekerasan hari Kamis juga termasuk paling sedikit enam kematian di Hama. Pusat kota menjadi tempat pergolakan kerusuhan anti-pemerintah.

Sementara itu, pemerintah mengatakan para pemantau Liga Arab "bertemu dengan sejumlah warga" di kompleks perumahan di Damaskus dan Homs dan juga daerah Daraa dan Hama.

Kira-kira 60 pemantau kini di Suriah untuk memeriksa janji pemerintah untuk menghentikan kekerasan terhadap para demonstran dan membebaskan tahanan politik. Para pemantau mengatakan mereka akan melakukan sejumlah kunjungan mendadak.

XS
SM
MD
LG