Tautan-tautan Akses

Pasukan Suriah Tewaskan 11 Orang di Suriah Barat Laut


Pimpinan Komisi HAM di PBB, Navi Pillay (Foto: dok)

Pimpinan Komisi HAM di PBB, Navi Pillay (Foto: dok)

Organisasi 'Syrian Observatory for Human Rights' yang berbasis di London mengatakan hari Selasa pembunuhan terbaru terjadi di provinsi Idlib, daerah yang rusuh yang berbatasan dengan Turki.

Beberapa aktivis hak asasi Suriah mengatakan pasukan keamanan pemerintah menewaskan 11 orang dan melukai puluhan lainnya di Suriah barat laut, sementara PBB mengatakan jumlah yang tewas dari kerusuhan selama berbulan-bulan di negara itu telah melebihi 5000.

Pimpinan HAM PBB Navi Pillay mengatakan hari Senin kantornya menerima laporan yang layak dipercaya dari berbagai sumber yang menunjukkan jumlah yang tewas sejak kerusuhan mulai bulan Maret itu kemungkinan besar telah lebih dari 5.000 korban.

Pillay mengeluarkan pernyataan itu tidak lama setelah bertemu dengan wakil-wakil Dewan Keamanan PBB di New York, di mana dia mengatakan kekerasan tersebut harus diperiksa oleh Mahkamah Kejahatan Internasional.

Pillay juga memperingatkan bahwa sumber-sumber tadi mengkhawatirkan kemungkinan adanya serbuan besar-besaran terhadap kota Homs.

XS
SM
MD
LG