Tautan-tautan Akses

Pasukan Suriah Terus Desak Pemberontak yang Dekati Damaskus


Tank-tank pasukan Suriah dilaporkan menggempur para pemberontak di pinggiran Damaskus (foto: dok).

Tank-tank pasukan Suriah dilaporkan menggempur para pemberontak di pinggiran Damaskus (foto: dok).

Tentara Suriah yang dibantu oleh puluhan tank dan kendaraan lapis baja bentrok dengan pemberontak di distrik Kfar Batna dan Ghouta di pinggiran Damaskus.

Kelompok aktivis Suriah mengatakan, pasukan pemerintah mendesak maju ke berbagai kawasan pinggiran kota Damaskus untuk mengusir pemberontak yang sedang berusaha membangun kekuatan dekat pusat kekuasaan Presiden Bashar al-Assad.

Kata para aktivis, tentara pro-Assad yang dibantu oleh puluhan tank dan kendaraan lapis baja bentrok dengan pemberontak di distrik Kfar Batna dan Ghouta di pinggiran timur ibukota Damaskus hari Minggu. Lima orang sipil dan seorang pemberontak tewas.

Kantor berita resmi Suriah SANA melaporkan, teroris meledakkan bom pinggir jalan dekat sebuah bis tentara di pinggiran kota Damaskus, menewaskan enam tentara dan melukai enam lainnya.

Rincian pertempuran dan jumlah korban tidak bisa dikukuhkan karena pemerintah Suriah melarang wartawan asing untuk bergerak dengan bebas di negara itu.

Ketua Liga Arab Nabil el-Araby mengatakan ia akan berusaha mendesak Rusia dan Tiongkok untuk mendukung rancangan Liga Arab guna mengakhiri kerusuhan di Suriah. El-Araby kemudian berangkat ke New York untuk menyampaikan usul Liga Arab itu kepada Dewan Keamanan hari Selasa. Kemarin Liga Arab menghentikan kegiatan misi pemantaunya di Suriah karena pemerintahan al-Assad terus meningkatkan penumpasan terhadap pemberontak.

XS
SM
MD
LG