Tautan-tautan Akses

Pasukan Suriah Gempur Homs Menjelang Kedatangan Tim PBB


Kota Homs mengepulkan asap setelah digempur oleh artileri pasukan pemerintah Suriah, Minggu (15/4).

Kota Homs mengepulkan asap setelah digempur oleh artileri pasukan pemerintah Suriah, Minggu (15/4).

Gempuran pasukan Suriah dilakukan beberapa jam sebelum tim pendahulu terdiri dari pengamat PBB yang tak bersenjata dijadwalkan tiba di Suriah.

Pasukan Suriah menggempur kawasan yang dikuasai pemberontak di kota pusat pergolakan, Homs, hari Minggu, beberapa jam sebelum tim pendahulu terdiri dari pengamat PBB yang tak bersenjata dijadwalkan tiba di negara yang dikoyak perang itu.

Para aktivis di kawasan pemukiman Khalidiya di Homs, salah satu dari beberapa distrik yang diserang pasukan pemerintah, melaporkan serangan mortir dan tembakan senjata berat di banyak tempat.

Rami Abdelrahman, ketua Pengamat HAM Suriah yang berkantor pusat di Inggris mengatakan, suara tembakan terdengar kira-kira tiga kali setiap menit dan sedikitnya 3 orang tewas.

Di tempat lain, para pemberontak yang berjuang menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad menyerang sebuah kantor polisi di Propinsi Aleppo di utara.

Sebagai tanggapan, Suriah memperingatkan bahwa "kelompok teroris" bersenjata telah meningkatkan serangan di negara itu dalam hubungannya dengan gencatan senjata yang dinegosiasikan internasional baru-baru ini. Seorang pejabat militer dikutip televisi pemerintah mengatakan pasukan keamanan "akan mencegah kelompok teroris melanjutkan serangan kriminal mereka."

Jurubicara untuk utusan PBB-Liga Arab Kofi Annan mengatakan enam anggora dari tim itu akan tiba Minggu. Kelompok itu akan melaporkan apakah pasukan pro-Assad dan para pejuang oposisi mematuhi ketentuan rencana perdamaian Annan.
XS
SM
MD
LG