Tautan-tautan Akses

Pasukan Sudan Selatan Gagalkan Upaya Kudeta


Presiden Sudan Selatan Salva Kiir (kanan) hari Senin (16/12) di Juba, mengumumkan gagalnya upaya kudeta hari Minggu malam oleh pasukan pendukung mantan Wapres Riek Machar.

Pasukan Sudan Selatan telah menggagalkan upaya kudeta Minggu (15/12) malam oleh pasukan yang setia kepada bekas wakil presiden Riek Machar.

Presiden Sudan Selatan Salva Kiir mengatakan tentara menggagalkan upaya kudeta Minggu malam oleh pasukan yang setia kepada bekas wakil presiden Riek Machar.

Kiir mengatakan kepada wartawan hari Senin (16/12) bahwa pemerintah menguasai keadaan di ibu kota, Juba, di mana markas besar tentara diserang.

Kiir menghimbau rakyat Sudan Selatan agar tetap tenang tetapi ia mengumumkan jam malam di Juba sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Pemerintah Sudan Selatan dan kedutaan besar Amerika Serikat di Juba melaporkan terjadinya tembak-menembak di sana-sini di bagian-bagian kota Juba Senin sore.

Salva Kiir menegaskan bahwa usaha kudeta dilakukan tentara yang bersekutu dengan Riek Machar, yang dipecat dari jabatan sebagai wakil presiden bulan Juli.

Hilde Johnson, utusan khusus PBB untuk Sudan Selatan, mendesak semua pihak agar mengakhiri kekerasan.
XS
SM
MD
LG