Tautan-tautan Akses

Pasukan Somalia dan Uni Afrika Serang Basis al-Shabab


Anggota militan Al-Shabab bersila saat diumumkannya integrasi dengan Al-Qaeda di Mogadishu (Foto: dok)

Anggota militan Al-Shabab bersila saat diumumkannya integrasi dengan Al-Qaeda di Mogadishu (Foto: dok)

Pasukan Somalia yang didukung oleh pasukan Uni Afrika telah memulai operasi terhadap pemberontak al-Shabab di Mogadishu utara.

Koalisi yang didukung PBB itu ingin melanjutkan kemajuan yang dicapai baru-baru ini terhadap kelompok pemberontak yang berhubungan dengan al-Qaida itu.

Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) mengatakan operasi yang dimulai Jumat pagi itu dimaksudkan untuk mengusir para pejuang al-Shabab dari pinggir utara ibukota Somalia, dari daerah mana para militan telah dapat melakukan beberapa serangan baru-baru ini.

Tindakan itu dilakukan dua minggu setelah pasukan AMISOM menyebabkan kekalahan besar pada al-Shabab, yang memaksa para pejuang itu keluar dari Baidoa, kota terbesar ketiga negara itu, yang dianggap sebagai kubu penting pemberontak.

Al-Shabab masih menguasai banyak bagian Somalia selatan dan tengah, tetapi telah terus mengalami kemunduran akibat serangan dari pasukan Ethiopia, Kenya dan Afrika Utara.

Kelompok itu telah diusir keluar dari Mogadishu oleh pasukan pemerintah dan pasukan Uni Afrika tahun lalu tetapi terus melakukan serangan sporadis dengan tehnik gerilya di kota itu.

XS
SM
MD
LG