Tautan-tautan Akses

Pasukan Daerah di Somalia Bentrok dengan Al Shabab


Para anggota kelompok militan al-Shabab di Somalia (foto: dok).

Para anggota kelompok militan al-Shabab di Somalia (foto: dok).

Bentrokan dua hari antara al-Shabab dan pasukan daerah di barat daya Somalia, telah menewaskan sedikitnya 15 orang, kata para pejabat.

Pertempuran itu terjadi di luar desa Moragabey di wilayah Bakool. Pasukan pemerintah Bakool dan daerah sekitarnya baru-baru ini meningkatkan operasi militer untuk membuka jalan yang ditutup oleh al-Shabab.

Bentrokan berselang terus berlanjut hari Selasa, setelah al-Shabab menyerang sebuah pangkalan yang digunakan oleh pasukan pemerintah daerah pada hari Senin, menurut pejabat. Sumber yang dekat dengan militer Somalia mengatakan kepada VOA, korban tewas mencakup delapan tentara dan tujuh militan Shabab.

Media pro al-Shabab melaporkan, desa itu direbut pejuang mereka hari Senin, tapi walikota kota terdekat Huddur, Mohamed Moallim Ahmed, dan penduduk membantah klaim ini.

Ahmed mengatakan sembilan tentara juga terluka dalam serangan itu. Pemerintah mengirim bala bantuan dari kota Huddur.

Sumber militer di wilayah Bakool mengatakan kepada VOA, pasukan daerah Somalia sejauh ini berhasil membuka jalan antara Huddur dan el-Barde, dekat perbatasan dengan Ethiopia, tetapi beberapa kota lainnya masih terkepung.

Sementara itu, tiga tentara Somalia terluka setelah al-Shabab menyergap konvoi pasukan Somalia dan Djibouti yang sedang melakukan patroli gabungan di barat kota Beledweyne hari Selasa. [ps/ds]

XS
SM
MD
LG