Tautan-tautan Akses

Pasukan Presiden Berkuasa Pantai Gading Serang Kubu Pertahanan Saingannya


Presiden Pantai Gading yang tetap menolak mundur pasca-kekalahannya pada pemilu November lalu, Laurent Gbagbo.

Presiden Pantai Gading yang tetap menolak mundur pasca-kekalahannya pada pemilu November lalu, Laurent Gbagbo.

Para pejabat Pantai Gading mengatakan pasukan Laurent Gbabgo menyerang kawasan pemukiman Abobo dari darat dan dengan dukungan dari udara.

Pasukan keamanan yang setia pada presiden Pantai Gading yang berkuasa, Laurent Gbagbo, telah melancarkan serangan ke kubu pertahanan saingannya, Alassane Ouattara, di Abidjan.

Para pejabat mengatakan, pasukan Gbagbo menyerang kawasan pemukiman Abobo, Sabtu, dari darat dan dengan dukungan dari udara.

Seorang juru bicara PBB mengatakan seorang anggota staf lembaganya cedera akibat ulah para pemuda pro-Gbagbo yang menyerang dan membakar mobilnya. Tapi, berbicara kepada kantor berita Reuters, juru bicara tersebut terkesan mengecilkan kekerasan, Sabtu, dengan menyebutnya hanya sebagai pertengkaran kecil.

Kawasan pemukiman Abobo telah menjadi saksi ekerasan sejak pemilu Pantai Gading pada tanggal 28 November lalu. Gbagbo bersikeras ia memenangkan pemilu, meskipun hasil yang disahkan PBB menunjukkan Ouattara lah yang meraih mayoritas suara.

PBB mengatakan sebelum serangan, Sabtu, bentrokan antara para pendukung Gbagbo dan Ouattara telah menewaskan sedikitnya 365 orang dan membuat hampir 500.000 lainya terpaksa mengungsi. Belum ada rincian korban baru setelah terjadinya kekerasan Sabtu.

XS
SM
MD
LG