Tautan-tautan Akses

Pasukan Pemerintah Libya Pukul Mundur Pemberontak


Pendukung Gaddafi menyerukan slogan merayakan perebutan kembali sebuah kantor polisi di Bin Jawad, Sabtu (12/3).

Pendukung Gaddafi menyerukan slogan merayakan perebutan kembali sebuah kantor polisi di Bin Jawad, Sabtu (12/3).

Pemberontak tampak meninggalkan Brega dan bergerak sepanjang pantai timur laut menuju Ajdabiya yang masih dikuasai pemberontak.

Saksi-saksi mata mengatakan pemberontak Libya sedang mundur dari pelabuhan minyak di bagian timur setelah mendapat hantaman kuat pasukan pemerintah yang terus maju.

Pemberontak tampak meninggalkan kota Brega, Minggu, dan bergerak sepanjang pantai timur laut menuju kota Ajdabiya yang masih dikuasai pemberontak. Televisi pemerintah Libya menyatakan kota Brega telah “dibersihkan dari geng-geng bersenjata,” tapi klaim ini belum bisa dikukuhkan.

Pasukan Kolonel Moammar Gaddafi telah merebut dua kota sebelah barat Brega dengan menggunakan pesawat tempur, tank dan senjata berat untuk menghantam pejuang oposisi yang hanya bersenjata ringan. Tentara pemerintah kemarin membawa serombongan wartawan untuk meninjau kota-kota Ras Lanuf dan Bin Jawad yang telah direbut kembali.

Demonstran anti-pemerintah yang diperkuat oleh tentara yang membelot sejak bulan lalu, telah merebut sebagian besar Libya bagian timur dan beberapa bagian Libya barat dalam pemberontakan untuk menggulingkan Gaddafi.

Tentara pemerintah juga telah merebut kembali kota Zawiyah, dekat ibukota Tripoli pekan lalu, tapi pemberontak masih menguasai kota Misurata, kota ketiga terbesar di Libya.

XS
SM
MD
LG