Tautan-tautan Akses

Pasukan Pemerintah dan Oposisi Yaman Bentrok di Ibukota Sana’a


Pasukan keamanan Yaman dilaporkan menembaki demonstran yang berkemah di sebuah lapangan di Sana'a (foto: dok).
Pasukan keamanan Yaman dilaporkan menembaki demonstran yang berkemah di sebuah lapangan di Sana'a (foto: dok).

Bentrokan terjadi setelah pasukan keamanan Yaman melepaskan tembakan terhadap demonstran yang berkemah di luar lapangan di Sana'a.

Pasukan keamanan Yaman dan mereka yang setia kepada pihak oposisi bentrok di ibukota Sana'a.

Para saksi Sabtu mengatakan, bentrokan terjadi Jumat malam. Mereka mengatakan pasukan keamanan melepaskan tembakan terhadap demonstran anti-pemerintah yang berkemah di luar lapangan di ibukota itu.

Insiden itu terjadi satu hari setelah ribuan rakyat Yaman memperbarui seruan mereka lagi agar Presiden Ali Abdullah Saleh meletakkan jabatan.

Presiden Saleh masih berada di Arab Saudi, di mana dia menjalani penyembuhan dari luka-luka yang dideritanya dalam serangan terhadap kompleks keprisidenannya. Sebelumnya dalam pekan ini, dia memberi wewenang kepada seorang deputi untuk mengadakan pembicaraan dengan pihak oposisi dalam usaha untuk mengakhiri krisis yang telah berlangsung berbulan-bulan.

Juga, pada April, Dewan Kerjasama Teluk yang terdiri dri 6 negara mengusulkn sebuah rencana yang dimaksudkn untuk mengkahiri pergoakan anti pemerintah Yaman. Saleh menyetujui usul itu tiga kali, tetapi setiap kali tidak jadi menandtanganinya..

XS
SM
MD
LG