Tautan-tautan Akses

Pasukan Kurdi Irak Terus Desak Mundur Militan ISIS di Sinjar


Senjata artileri howitzer milik pasukan Kurdi Irak menuju kota Sinjar, Irak (19/12). (AP/Zana Ahmed)

Senjata artileri howitzer milik pasukan Kurdi Irak menuju kota Sinjar, Irak (19/12). (AP/Zana Ahmed)

Pejuang Kurdi – dibantu serangan udara pimpinan AS – menguasai bagian utara gunung Sinjar dan bergerak ke arah selatan menuju kota Sinjar dan Tal Afar di sebelah timur.

Ribuan pejuang Kurdi Sabtu (20/12) terus mendesak mundur militan Negara Islam (ISIS) di pegunungan Sinjar, Irak barat laut, dua hari setelah mengakhiri pengepungan militan itu terhadap ribuan kelompok minoritas Yazidi.

Para pemimpin Kurdi dan wartawan mengatakan pejuang Kurdi – dibantu serangan udara pimpinan Amerika – menguasai bagian utara gunung Sinjar dan bergerak ke arah selatan menuju kota Sinjar dan Tal Afar di sebelah timur.

Sabtu petang, para wartawan melaporkan ada banyak anak bersorak-sorai dan pejuang Kurdi mengibarkan bendera di gunung itu.

Konvoi bantuan terdiri dari 32 truk yang dikirim oleh pejuang Kurdi Irak tiba di gunung itu Sabtu.

Kelompok jihad ISIS awal tahun ini sempat menguasai hampir sepertiga wilayah Irak dan Suriah sehingga memicu gelombang kekerasan.

Kota Sinjar dan Zumar jatuh ke tangan ISIS Agustus, memaksa puluhan ribu orang Yazidi mengungsi ke pegunungan dimana mereka lalu terkepung.

Sejak itu, pejuang Kurdi dan Yazidi telah merebut kembali sebagian besar wilayah yang sempat dikuasai ISIS di Irak utara.

XS
SM
MD
LG