Tautan-tautan Akses

Pasukan Kenya Masuk Ke Somalia Selatan


Militan al-Shabaab sedang berlatih di Mogadishu, Somalia (foto: dok). Pasukan Kenya dikabarkan saat ini sedang bergerak ke Afmadow, kota yang dikuasai oleh al-Shabab.

Militan al-Shabaab sedang berlatih di Mogadishu, Somalia (foto: dok). Pasukan Kenya dikabarkan saat ini sedang bergerak ke Afmadow, kota yang dikuasai oleh al-Shabab.

Laporan dari Somalia selatan mengatakan tentara Kenya memasuki wilayah Somalia untuk melawan kelompok militan al-Shabab, meskipun menteri pertahanan Kenya menyangkal klaim tersebut.

Pejabat dari kelompok Ras Kamboni, sebuah milisi yang bersekutu dengan pemerintah Somalia, mengatakan kepada VOA Somalia, kira-kira 400 tentara Kenya melintasi perbatasan hari Jumat dan berada di wilayah Lower Jubba hari Minggu untuk membantu pasukan pemerintah Somalia. Pejabat, yang tidak disebutkan namanya, mengatakan pasukan Kenya bergerak maju ke Afmadow, kota yang dikuasai oleh al-Shabab.

Menteri Pertahanan Kenya Haji Yusuf mengatakan kepada VOA bahwa Kenya tidak mengerahkan tentaranya ke Somalia.

Namun para pejabat Somalia dan Kenya lainnya serta saksi mata mengkonfirmasi bahwa pasukan Kenya telah memasuki wilayah Somalia, menyusul bertambahnya jumlah pasukan di perbatasan. Mereka mengatakan pasukan itu didukung oleh pesawat militer. Penduduk Liboi, kota di Kenya di dekat perbatasan dengan Somalia, mengatakan sebuah helikopter militer Kenya jatuh di sana Minggu malam.

Kelompok al-Shabab bersumpah untuk melawan Kenya, menyerukan kepada semua warga Somalia untuk membela melawan "musuh."

Pemerintah Kenya menyalahkan al-Shabab atas serangkaian penculikan baru-baru ini.

XS
SM
MD
LG