Tautan-tautan Akses

Pasukan Keamanan Suriah Lepaskan Tembakan ke Arah Aktivis Oposisi


Para demonstran berkumpul dekat sebuah barikade di Dara'a, Suriah, Jumat (8/4).

Para demonstran berkumpul dekat sebuah barikade di Dara'a, Suriah, Jumat (8/4).

Di Dara'a dan Latakia, saksi mata melaporkan pasukan keamanan menembaki pelayat korban kerusuhan Jumat dan para demonstran.

Saksi mata mengatakan pasukan keamanan Suriah melepaskan tembakan ke arah aktivis kubu oposisi di dua kota, Sabtu, sehari setelah para pejabat dan aktivis melaporkan 36 orang tewas dalam kerusuhan anti-pemerintah.

Di kota Dara'a selatan, saksi mata mengatakan pasukan keamanan menembaki para pelayat yang menghadiri pemakaman beberapa korban kerusuhan Jumat. Dara'a telah menjadi pusat protes oposisi. Kebanyakan korban tewas pada hari Jumat, jatuh di atau dekat kota ini.

Sebelumnya pada hari Sabtu, saksi mata di kota pelabuhan Latakia mengatakan pasukan keamanan menembakkan peluru tajam untuk membubarkan ratusan demonstran anti-pemerintah. Para aktivis menyerukan protes lebih banyak lagi pada hari Sabtu, meski ada peringatan baru pemerintah terhadap demonstrasi. Mereka mendesak pengunjuk rasa untuk turun ke jalan-jalan menyusul pemakaman korban kekerasan Jumat.

Setelah pertumpahan darah, Jumat, Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan pernyataan yang menyatakan "tidak ada ruang lebih bagi keringanan hukuman atau toleransi" dalam penegakan hukum negara dan penjagaan keamanan.

XS
SM
MD
LG