Tautan-tautan Akses

Pasukan Irak yang Didukung Peshmerga Kurdi Bergerak di Desa-Desa Mosul


Tentara Peshmerga Kurdi di wilayah Makhmour, Irak (Foto: dok).

Tentara Peshmerga Kurdi di wilayah Makhmour, Irak (Foto: dok).

Kamis pagi (24/3), pasukan dari dua brigade dari Divisi ke-15 Irak yang dilatih Amerika, memulai pertempuran di enam desa yang dikuasai ISIS di tenggara Mosul.

Pasukan Irak yang didukung pejuang Peshmerga Kurdi telah meluncurkan apa yang mereka sebut sebagai langkah pertama untuk merebut kota Mosul, kubu pertahanan kelompok militan ISIS.

Kamis pagi, pasukan dari dua brigade dari Divisi ke-15 Irak yang dilatih Amerika, memulai pertempuran di enam desa yang dikuasai ISIS di tenggara Mosul.

Juga terlibat dalam serangan itu adalah kelompok-kelompok Sunni, yang menurut banyak komandan Peshmerga krusial untuk dapat mempertahankan wilayah-wilayah Sunni.

“Hari ini militer Irak mulai bergerak maju,” kata Jenderal Najat Ali, komandan Peshmerga Kurdi Irak di kawasan Makhmour, kepada VOA.

“Mereka menyatakan ini adalah langkah pertama dalam membebaskan Mosul,” katanya seraya menambahkan bahwa ini akan merupakan upaya yang sulit.

Najat Ali mengatakan pasukan Peshmerga tidak berpartisipasi aktif dalam ofensif ini karena serangan tersebut terjadi di daerah-daerah Sunni Arab, tetapi mereka memberi data intelijen mengenai desa-desa tersebut kepada pasukan Irak. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG