Tautan-tautan Akses

Pasukan Irak Rebut Kilang Minyak Terbesar dari ISIS


Kilang minyak terbesar Irak di Baiji, Irak. (AP Photo/Stan Honda, Pool)

Kilang minyak terbesar Irak di Baiji, Irak. (AP Photo/Stan Honda, Pool)

Pasukan Irak hari Sabtu (18/4) berhasil merebut sebagian besar kilang minyak terbesar di negara itu dari ISIS.

Juru bicara pasukan koalisi pimpinan Amerika yang memerangi ISIS mengatakan pasukan itu berhasil merebut seluruh kilang Baiji Sabtu siang (18/4). Tetapi beberapa pejabat di propinsi Salahuddin dimana kilang itu berada mengatakan pertempuran masih berlanjut di beberapa fasilitas itu.

Kelompok militan ISIS menyerang kilang minyak di Baiji, yang terletak sekitar 250 kilometer dari ibukota Baghdad itu, selama beberapa hari pekan lalu, setelah melewati perimeter keamanan di sekitar kilang tersebut. ISIS mengambil alih beberapa instalasi, termasuk tangki penyimpanan, sebuah institut masalah teknis dan tempat distribusi minyak.

Kilang minyak Baiji memproduksi sekitar 175 ribu barel minyak setiap hari sebelum ditutup bulan Juni 2014 lalu ketika militan ISIS mengambil alih kawasan itu dan sekaligus kota Mosul.

Pasukan Irak merebut kilang itu dari militan ISIS pada November 2014 tetapi kembali dikalahkan ISIS.

Pasukan Irak dan paramiliter Syiah yang berupaya mengalahkan pemberontak ISIS/ berhasil mengusir kelompok militan itu dari Tikrit.

ISIS kembali menyerang Baiji dan daerah di bagian barat propinsi Anbar, yang memaksa ribuan keluarga mengungsi, dan mengancam akan mengambil alih kota propinsi Ramadi, Namun seorang pejabat propinsi mengatakan pasukan pertahanan sedang menuju ke kota itu dan Ramadi sejauh ini masih aman.

XS
SM
MD
LG