Tautan-tautan Akses

Pasukan Irak Raih Kemajuan dalam Perangi ISIS di Baiji


Fasilitas penyulingan minyak terbesar Irak di kota Baiji, utara Baghdad yang kini dikuasai ISIS (foto: dok).

Fasilitas penyulingan minyak terbesar Irak di kota Baiji, utara Baghdad yang kini dikuasai ISIS (foto: dok).

Pasukan Irak merebut kembali Baiji di Irak utara tahun lalu, sebelum terpukul mundur lagi oleh pasukan militan ISIS di sana.

Pasukan Irak hari Minggu (7/6) mencapai kemajuan di kota kilang minyak, Baiji, dalam upaya merebut kembali wilayah itu dari pasukan ISIS untuk kedua kalinya.

Para pejabat militer mengatakan pasukan pemerintah menguasai medan tempur di pusat kota di Irak utara semalam. Pasukan Irak merebut kembali Baiji tahun lalu, sebelum terpukul mundur lagi oleh pasukan militan.

Para perjuang ISIS menargetkan lokasi produksi minyak di Irak dan Suriah, pendapatan dari penjualan minyak digunakan untuk mendanai upaya perluasan kekuasaan di kedua negara itu dalam menghadapi perlawanan militer dan kelompok paramiliter Irak, milisi Kurdi, pemberontak Suriah, dan serangan udara koalisi pimpinan AS.

Presiden AS Barack Obama dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi di sela-sela KTT G-7 di Jerman pada hari Senin untuk membahas upaya melawan militan ISIS.

Efektivitas upaya internasional dan Irak dalam menghadang kelompok militan itu dipertanyakan oleh para pejabat senior dari kedua negara dalam beberapa pekan terakhir, setelah pasukan ISIS bulan lalu berhasil merebut Ramadi, ibukota provinsi Anbar.

XS
SM
MD
LG