Tautan-tautan Akses

Pasukan India Berusaha Amankan Pangkalan Setelah Serangan


Truk milik tentara angkatan darat India membawa peralatan militer ke pangkalan militer angkatan udara di Pathankot, India, (4/1).

Truk milik tentara angkatan darat India membawa peralatan militer ke pangkalan militer angkatan udara di Pathankot, India, (4/1).

Aliansi belasan kelompok militan yang disebut Dewan Jihad Bersatu, yang berbasis di Kashmir, Pakistan, telah mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Pasukan India mencari sebuah pangkalan udara di negara bagian Punjab hari Selasa (5/1) yang mungkin menjadi tempat persembunyian bagi para pelaku serangan hari Sabtu lalu. Serangan itu dilakukan oleh kawanan bersenjata dan menewaskan tujuh petugas keamanan.

Para pejabat keamanan mengatakan pencarian di pangkalan strategis di kota Pathankot dekat perbatasan dengan Pakistan itu akan berlanjut sampai mereka yakin daerah itu aman. Pasukan India menewaskan lima penyerang, yang terakhir hari Senin, dan tidak jelas apakah ada penyerang lain yang berhasil melarikan diri.

Para pejabat mengatakan selain aset-aset strategis, pangkalan udara itu juga menjadi tempat tinggal banyak keluarga dan sekolah. “Pangkalan ini seperti sebuah kota mini," kata Letnan Jenderal JS Dhamoon.

Aliansi belasan kelompok militan yang disebut Dewan Jihad Bersatu, yang berbasis di Kashmir, Pakistan, telah mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Kelompok yang berjuang untuk mengakhiri kekuasaan India di Kashmir itu mengatakan mereka ingin menunjukkan kepada India bahwa tidak ada instalasi militer yang berada di luar jangkauan militan dan India harus mengizinkan warga Kashmir untuk menentukan masa depan politik mereka sendiri.

Laporan di India telah mengindikasikan bahwa kelompok Jaish-e-Mohammad yang berbasis di Pakistan telah melakukan serangan itu. [lt]

XS
SM
MD
LG