Tautan-tautan Akses

Pasukan Gaddafi Serang Pemberontak yang Bergerak ke Libya Timur


Asap mengepul akibat serangan pesawat Libya terhadap markas pemberontak anti-pemerintah, Minggu (6/3).

Asap mengepul akibat serangan pesawat Libya terhadap markas pemberontak anti-pemerintah, Minggu (6/3).

Pemberontak di Libya mendesak ke barat ke arah kota kelahiran Moammar Gaddafi, Sirte, sekitar 160 kilometer di sebelah barat Bin Jawad.

Pasukan yang setia pada pemimpin Libya Moammar Gaddafi melancarkan serangan udara dan terlibat pertempuran hebat dengan pasukan pemberontak yang sedang maju ke arah barat dari timur Libya.

Pasukan pemerintah dilaporkan berhasil mengusir pemberontak dari kota Bin Jawad pada hari Minggu. Kantor-kantor berita melaporkan pertempuran tersebut mengakibatkan banyak korban.

Pasukan pemberontak sedang bergerak ke arah kota Sirte, kota kelahiran Gaddafi. Sirte terletak 160 km sebelah barat Bin Jawad. Pasukan pro-Gaddafi dilaporkan masih menguasai Sirte, dan komandan-komandan pemberontak mengatakan Minggu pagi bahwa pendukung-pendukung Gaddafi sedang memperkuat pertahanan kota itu.

Kira-kira 200 km dari ibukota Tripoli, penduduk kota Misrata yang sudah dikuasai pemberontak mengatakan kepada wartawan lewat telepon bahwa tank-tank dan meriam pemerintah sedang melancarkan serangan pada hari Minggu. Tidak jelas apakah jatuh korban dalam insiden ini.

Sementara itu, di kota Tripoli terdengar suara tembakan senjata berat Minggu dini hari yang berlangsung sedikitnya selama dua jam. Kata pejabat Libya suara tembakan yang terdengar adalah tembakan untuk merayakan kemenangan pasukan pemerintah dalam merebut kembali kota-kota Misrata dan Ras Lanuf. Tapi, penduduk setempat dan saksi-saksi mata di kedua kota itu membantah klaim pemerintah tersebut.

XS
SM
MD
LG