Tautan-tautan Akses

Pasukan Gaddafi Terus Serang Sarana Minyak di Ras Lanuf, Produksi Minyak Libya Menciut


Pemberontak Libya mengangkat seorang rekan mereka yang cedera akibat serangan pasukan Gadhafi di Ras Lanuf, Kamis (10/3).

Pemberontak Libya mengangkat seorang rekan mereka yang cedera akibat serangan pasukan Gadhafi di Ras Lanuf, Kamis (10/3).

Sementara pasukan pemerintah Libya terus menghantam Ras Lanuf, produksi minyak negara ini menciut menjadi kurang dari sepertiganya.

Pejabat tertinggi minyak Libia mengatakan sebuah tangki penyimpanan minyak solar meledak di sarana minyak Sidr, di Ras Lanuf, sebelah barat Libya. Shukri Ghanim, Ketua Perusahaan Minyak Nasional Libya juga mengatakan produksi minyak mentah negara ini telah berkurang menjadi 500.000 barel sehari, dari 1,6 juta barel sehari sebelum pergolakan mulai. Penurunan ini sebagian besar disebabkan hilangnya pekerja ladang minyak.

Sementara itu, televisi negara Libya bersikeras bahwa pasukan pemerintah berhasil menguasai Zawiyah, di mana pemberontak telah bertahan selama beberapa hari melawan pasukan pro-Gaddafi yang mengepung kota ini. Tapi, kubu pemberontak Libya mengatakan pemberontak telah merebut kembali pusat kota Zawiyah.

Berita yang simpang siur ini tidak dapat diperiksa kebenaranya secara independen karena pemerintah melarang wartawan memasuki Zawiya. BBC mengatakan tiga wartawannya yang berusaha memasuki Zawiyah ditahan, dipukuli dan diperlakukan seolah-olah mereka hendak dieksekusi oleh tentara pemerintah.

Dalam pernyataan yang ditayangkan televisi pemerintah, Rabu, Gaddafi menyerukan penduduk di Libya bagian timur untuk membebaskan kawasan tersebut dari tangan pemberontak, yang menurutnya telah dipengaruhi oleh Al-Qaida. Para demonstran anti-pemerintah didukung satuan-satuan militer yang membelot dan menguasai Libya Timur bulan lalu, pada awal pergolakan menentang pemerintahan Gaddafi.

Dalam sebuah wawancara terpisah dengan stasiun televisi pemerintah Turki (TRT) Ghadafi menuduh negara-negara Barat merencanakan intervensi militer ke Libya untuk mencuri minyaknya. Ia juga mengatakan jika Al-Qaida merebut Libya, maka seluruh kawasan, termasuk Israel, akan terseret ke dalam kemelut.

XS
SM
MD
LG