Tautan-tautan Akses

Pasukan Chad Tewaskan Komandan Tinggi Al-Qaida


Presiden Chad Idriss Déby. (Foto: Dok)

Presiden Chad Idriss Déby. (Foto: Dok)

Presiden Chad mengatakan pasukannya telah membunuh Abdelhamid Abou Zeid, seorang komandan Al-Qaeda yang ditakuti, dalam pertempuran di Mali utara.

Berbagai laporan yang belum dikonfirmasi mengenai kematian Abou Zeid mulai beredar Rabu (27/2), ketika pasukan-pasukan Perancis dan Chad bertempur melawan militan Islam di pegunungan dekat perbatasan Mali dengan Aljazair.

Rincian mengenai pembunuhan itu masih belum jelas sampai Jumat malam. Berbicara di ibukota Chad, N'Djamena, Presiden Idriss Deby mengatakan pasukannya menewaskan dua pemimpin jihad, termasuk Abou Zeid. Sebelumnya berbagai laporan media Aljazair mengatakan Abou Zeid dan sekitar 40 orang lainnya tewas hari Senin dalam serangan udara Perancis. Baik pejabat-pejabat Perancis, Mali maupun Aljazair belum mengkonfirmasi kematian Abou Zeid.

Berbagai laporan kantor berita Aljazair dan Perancis mengatakan sampel DNA telah diambil dari kerabat komandan militer itu, dan bahwa pihak berwenang berusaha mencocokkan sampel itu dengan jenazah yang ditemukan di Mali utara.

Abou Zeid, kelahiran Aljazair itu, adalah salah seorang petinggi al-Qaida di Maghreb Islam, atau AQIM, cabang kelompok itu di Afrika Utara.

Dia telah dikaitkan dengan penculikan banyak warga Eropa, yang menghimpun jutaan dolar uang tebusan bagi operasi AQIM.
XS
SM
MD
LG