Tautan-tautan Akses

Pasukan Chad Rebut Desa Nigeria dari Boko Haram


Warga Nigeria yang melarikan diri dari serangan Boko Haram terus memasuki Chad.

Warga Nigeria yang melarikan diri dari serangan Boko Haram terus memasuki Chad.

Chad dan Kamerun baru-baru ini mengerahkan pasukan untuk memerangi Boko Haram, yang telah merebut sebagian besar wilayah negara bagian Borno, Nigeria.

Pasukan Chad yang membantu memerangi Boko Haram dilaporkan telah merebut kembali sebuah desa di timur laut Nigeria dari militan.

Aboubakar Moustapha, yang tinggal di seberang perbatasan di Niger, mengatakan kepada VOA bahwa pasukan Chad menguasai desa Malumfatori, Kamis (29/1), setelah serangkaian serangan udara malam hari.

Dalam sebuah wawancara telepon, ia mengatakan melihat pesawat dan mendengar bom yang dijatuhkan di daerah tersebut Rabu malam, dan mendapat informasi dari pasukan Niger dari kota yang telah direbut kembali itu. Ia mengatakan pasukan menjaga perbatasan untuk mencegah militan melarikan diri ke seberang perbatasan.

Belum ada pejabat yang mengukuhkan laporan itu tetapi militer Nigeria mengatakan dalam pesan Twitter bahwa angkatan udara telah melakukan misi di Malumfatori selama dua hari terakhir. Pesan itu juga menunjukkan bahwa tentara Chad aktif di daerah tersebut.

Chad dan Kamerun baru-baru ini mengerahkan pasukan untuk memerangi Boko Haram, yang telah merebut sebagian besar wilayah negara bagian Borno, Nigeria, termasuk pangkalan militer multinasional penting di tepi Danau Chad.

XS
SM
MD
LG