Tautan-tautan Akses

Pasukan Chad Kalahkan Boko Haram di Nigeria Timur laut


Seorang tentara Chad memeriksa bekas kendaraan militer milik Boko Haram di Gambaru, Nigeria (foto: dok).

Seorang tentara Chad memeriksa bekas kendaraan militer milik Boko Haram di Gambaru, Nigeria (foto: dok).

Pasukan Chad di Dikwa, Nigeria timur laut, mengatakan, mereka telah merebut kembali kota itu dari kelompok militan Boko Haram.

Militer Chad melaporkan, 34 tentara mereka cedera dalam usaha membebaskan kota itu, yang berada dalam kontrol Boko Haram selama berpekan-pekan. Laporan-laporan setempat mengatakan, para tentara memeriksa jalan-jalan untuk mencari militan yang belum sempat melarikan diri.

Hari Senin (2/3), Boko Haram merilis sebuah video yang menunjukkan pemenggalan dua pria yang dituduh kelompok itu menjadi mata-mata.

Video enam menit, yang dirilis online, memiliki kemiripan dengan video-video yang dibuat kelompok ISIS dan juga menampilan bendera hitam ISIS yang berkibar di sudut kanan atas.

Ini kali kedua kelompok ekstremis Nigeria itu merilis video pemenggalan. Video pertama, yang dirilis Oktober lalu, menunjukkan Boko Haram mengeksekusi seorang pria yang menurut mereka pilot pesawat jet Angkatan Udara Nigeria yang hilang.

Video yang dirilis Senin, diberi judul "Harvest of Spies," menunjukkan sejumlah militan bertopeng dengan pisau panjang berdiri di belakang dua pria yang dipaksa berlutut di tanah. Sebelum dipenggal, salah seorang korban mengidentifikasikan dirinya sebagai Dawoud Muhammad dari kota Baga, Nigeria timurlaut, dan mengatakan bahwa ia menerima bayaran sekitar 25 dolar dari seorang polisi untuk memata-matai.

Dalam perkembangan lain, Senin, militer Nigeria mengatakan, kelompok militan Boko Haram melancarkan serangan ke kota Konduga, di Nigeria timurlaut, namun berhasil dihalau.

XS
SM
MD
LG