Tautan-tautan Akses

Pasukan Bersenjata Kristen Irak Bergabung Lawan ISIS


Laskar ISIS berparade di jalan utama kota Mosul, Irak. (Foto: dok.)

Laskar ISIS berparade di jalan utama kota Mosul, Irak. (Foto: dok.)

Ketika pasukan Irak dan Kurdi meningkatkan perlawanan terhadap pejuang-pejuang ISIS di dekat Mosul, sebuah unit militer Kristen-Irak bergabung bersama pasukan itu.

Unit militer Kristen Irak “Nineveh Plain Forces” NPF yang saat ini ditempatkan di Tal Qasab, sekitar 72 kilometer barat laut Mosul, dibentuk bulan September 2014 untuk menanggapi kekuasaan ISIS terhadap wilayah-wilayah Kristen di Irak bagian utara.

NPF bertanggung-jawab kepada pemerintah regional Kurdi-Irak, di mana pejuang-pejuang Peshmerga memainkan peran penting dalam perang melawan ISIS.

Komandan NPF Sefa Ilyas Checo, dalam wawancara dengan VOA, mengatakan pasukannya telah bertempur bersama Peshmerga-Kurdi yang memberi senjata dan pelatihan.

"Kami saat ini memiliki 600 pejuang terlatih dan lebih banyak lagi anak muda Kristen yang siap bergabung," ujar Checo. Ditambahkannya "kami siap melawan ISIS di dalam kota Mosul."

Nineveh Plains adalah kawasan di bagian timur laut kota Mosul dan merupakan kediaman bagi banyak warga minoritas Irak seperti warga Kristen, Yazidi, Shabaks dan Turkmen. Beberapa laporan memperkirakan sekitar 150.000 – 200.000 warga Kristen tinggal di kawasan itu sebelum ISIS merebut sebagian besar wilayah tersebut. [em/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG