Tautan-tautan Akses

AS

Pasukan AS, Somalia Serang al-Shabab dengan Helikopter


Tentara Somalia berdiri dekat gedung yang hancur di dekat kantor polisi di Mogadishu, Somalia (9/5). (AP/Farah Abdi Warsameh)

Tentara Somalia berdiri dekat gedung yang hancur di dekat kantor polisi di Mogadishu, Somalia (9/5). (AP/Farah Abdi Warsameh)

Pejabat keamanan Somalia mengatakan bahwa pasukan Amerika memainkan peran “memimpin” dalam operasi yang menyasarkan pejabat al-Shabab.

Pasukan khusus Amerika dan Somalia melancarkan serangan gabungan dini hari Selasa (10/5) terhadap pangkalan kelompok militan al-Shabab, dan menewaskan atau menangkap sejumlah militan.

Pejabat keamanan Somalia Mohamad Nur Gabow mengatakan kepada VOA Somalia bahwa pasukan Amerika memainkan peran “memimpin” dalam operasi yang menyasarkan pejabat al-Shabab.

Penduduk di desa Toratorow, sekitar 100 kilometer barat daya dari Mogadishu, mengatakan bahwa tentara diturunkan dari helikopter di luar desa itu dan kemudian menuju såsäran mereka dengan berjalan kaki.

Gabow mengatakan, operasi ini berlangsung selama dua jam dan pasukan tidak menghadapi perlawanan. Dia menolak mengidentifikasi sasaran serangan atau memerinci jumlah militan yang tewas atau ditangkap.

Tetapi Pusat Komando dari Tentara Nasional Somalia memberitahu VOA bahwa serangan ini menarget kantor al-Shabab yang mengumpulkan pajak. Petugas al-Shabab yang ada di kantor itu tewas dalam serangan ini.

Seorang pejabat Amerika memberi konfirmasi atas operasi gabungan ini tetapi tidak memberi rincian terkait peran pasukan Amerika. [jm]

XS
SM
MD
LG