Tautan-tautan Akses

Pasukan AS dan Somalia Serang Pangkalan Al Shabab


Pasukan Somalia melakukan pengamanan di dekat Istana Presiden di Mogadishu (foto: dok).

Pasukan Somalia melakukan pengamanan di dekat Istana Presiden di Mogadishu (foto: dok).

Pasukan Amerika dan Somalia telah menyerang sebuah pangkalan Al Shabab di Mogadishu dalam sebuah operasi gabungan hari Rabu (9/3).

Pasukan Amerika dan Somalia telah menyerang sebuah pangkalan Al Shabab di Mogadishu, serangan signifikan kedua terhadap kelompok militan ini dalam lima hari.

Seorang pejabat Amerika mengukuhkan kepada VOA bahwa serangan hari Rabu itu merupakan operasi gabungan pemerintah Amerika dan Somalia yang menarget Al Shabab.

Seorang pejabat lokal Somalia mengatakan beberapa helikopter menurunkan sekitar 60 – 70 tentara di luar kota Awdhegle pada tengah malam.

Mohamed Aweys Abubakar mengatakan kepada VOA, pasukan itu kemudian menyerang tiga atau empat sasaran di kota itu, menewaskan sejumlah militan.

Al Shabab mengatakan salah seorang anggotanya tewas dalam serangan itu. Kelompok yang terkait Al Qaeda ini mengatakan pasukannya melakukan perlawanan hebat dan akhirnya membuat pasukan Amerika dan Somalia itu mundur.

Hari Sabtu (5/3) pesawat Amerika menembakkan beberapa misil terhadap kamp latihan Al Shabab di Mogadishu utara. Pentagon mengatakan serangan itu menewaskan sekitar 150 militan yang sedang mengadakan latihan serangan berskala besar terhadap pasukan Uni Afrika dan personil militer Amerika di Somalia.

Al Shabab mengukuhkan serangan udara itu tetapi mengatakan jumlah korban tewas yang disebutkan terlalu dibesar-besarkan. [em/ii]

XS
SM
MD
LG