Tautan-tautan Akses

Pasukan AS Akan Ditarik dari Afghanistan Jika Tak Ada Kesepakatan


Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan penasihat keamanan nasional AS Susan Rice di Kabul (25/11).

Hamid Karzai memberitahu AS ia tidak akan mundur dari penolakannya menandatangani persetujuan itu, dan memilih untuk menyerahkannya kepada penggantinya.

Penasihat keamanan nasional Amerika Susan Rice telah memberitahu Presiden Afghanistan Hamid Karzai bahwa Amerika akan menarik pasukan dari negaranya setelah 2014 jika ia tidak segera menandatangani persetujuan keamanan.

Dalam pertemuan di Kabul Senin (25/11), Karzai memberitahu Rice ia tidak akan mundur dari penolakannya menandatangani persetujuan itu, dan memilih untuk menyerahkannya kepada penggantinya.

Sebaliknya, Karzai mengajukan tuntutan baru, antara lain jaminan lebih jauh bahwa pasukan Amerika tidak akan menggerebek rumah-rumah warga Afghanistan dan agar Amerika mengutarakan janji sungguh-sungguh untuk membantu memulai pembicaraan perdamaian yang macet dengan Taliban.

Ia juga mengulangi lagi tuntutannya agar Amerika Serikat berjanji untuk mengadakan pemilu transparan dan bebas di Afghanistan pada 5 April.

Pertemuan itu diadakan ketika Rice mengunjungi pasukan Amerika dalam perlawatan luar negeri pertamanya sebagai penasehat keamanan nasional Presiden Barack Obama.

Pada Minggu, Karzai tidak mengindahkan saran majelis agung negara itu atau Loya Jirga, agar segera menandatangani persetujuan keamanan bilateral baru dengan Amerika Serikat.
XS
SM
MD
LG