Tautan-tautan Akses

Pasukan Afrika Siap Bantu Mali Perangi Pemberontak


Pasukan Perancis yang diterjunkan untuk operasi militer di Mali siap menaiki pesawat di bandara N'Djamena, ibukota Chad (11/1).

Pasukan Perancis yang diterjunkan untuk operasi militer di Mali siap menaiki pesawat di bandara N'Djamena, ibukota Chad (11/1).

Setelah bantuan dari militer Perancis, negara-negara tetangga Mali mengatakan bersedia untuk memberikan bantuan pasukan bagi Mali dalam memerangi kelompok Islamis di utara.

Pasukan dari negara-negara tetangga Mali diharapkan mulai tiba hari Minggu untuk membantu Perancis pada pertempuran hari ketiga untuk mengusir ekstrimis Islamis di utara Mali.

Niger, Burkina Faso dan Senegal berjanji pada hari Sabtu untuk mengirim pasukan, satu hari setelah Perancis memulai serangan udara terhadap militan.

Para pejabat mengatakan Sabtu pasukan Perancis mendorong pemberontak mundur dari Konna dengan serangan udara dan pasukan darat. Pengambilalihan oleh militan baru-baru ini di timur laut kota ibukota, Bamako, telah menempatkan militan dalam posisi untuk merebut kota terdekat Mopti - kota paling utara di bawah kendali pemerintah.

Seorang wartawan di Mali mengatakan VOA bahwa puluhan pejuang Islamis tewas dalam operasi di Konna. Wartawan itu juga mengatakan tentara Mali menguasai kota itu Sabtu malam sementara pejuang Islamis mundur ke kota Bore dan Douentza.
XS
SM
MD
LG