Tautan-tautan Akses

Pasukan Afghanistan Tangkis Serangan ISIS, Tewaskan 35 Militan


Peta Afghanistan

Peta Afghanistan

Pihak berwenang di Afghanistan timur Minggu (27/9) mengatakan ratusan militan ISIS menggelar serangan terkoordinasi menjelang fajar terhadap pos-pos keamanan penting di wilayah perbatasan yang terpencil.

Serang itu terjadi setelah berbulan-bulan dilaporkan bahwa pengaruh ekstremis menguat di Afghanistan. Jika dikonfirmasi, ini akan menjadi serangan besar pertama ISIS yang telah dilakukan terhadap pasukan nasional Afghanistan.

Pertempuran berkecamuk di Achin, distrik pegunungan di provinsi Nangarhar yang berbatasan dengan Pakistan. Tiga puluh lima pejuang ISIS dan dua personel keamanan Afghanistan tewas, kata gubernur distrik itu Haji Ghalib Mujahid kepada VOA. Ia menegaskan bahwa sebagian besar militan bersenjata berat itu adalah warga negara Pakistan.

Menurut gubernur itu, banyaknya korban di pihak pejuang ISIS memaksa mereka yang mundur. Dia mengatakan pasukan Afghanistan juga telah menguasai kembali pos-pos keamanan yang telah diserbu ISIS dalam serangan pagi itu. Dia menambahkan bahwa pertempuran di beberapa daerah masih terus berlanjut.

Laporan ini tidak mungkin diverifikasi secara independen. [as]

XS
SM
MD
LG