Tautan-tautan Akses

Pasukan Afghanistan Berhasil Halau Serangan Besar Taliban


Pasukan Afghanistan berhasil menghalau serangan besar Taliban (foto: ilustrasi).

Pasukan Afghanistan berhasil menghalau serangan besar Taliban (foto: ilustrasi).

Pasukan Afghanistan berhasil menghalau serangan besar Taliban di ibukota provinsi Uruzgan, Afghanistan tengah, Kamis (8/9).

Para pejabat Afghanistan mengatakan, mereka telah berhasil menghalau serangan besar Taliban di ibukota provinsi Uruzgan, Afghanistan tengah, dan penggeledahan dari rumah ke rumah telah dilakukan untuk menangkap para pemberontak yang masih ada.

Kelompok pemberontak itu sebelumnya berhasil menerobos Tarin Kot yang dijaga ketat sehingga memicu pertempuran sengit dengan pasukan keamanan Afghanistan. Mereka melancarkan serangan terkoordinasi terhadap ibukota itu dan melumpuhkan beberapa pos penjagaan keamanan penting sebelum memasuki kota itu Kamis (8/9) pagi.

Seorang juru bicara Taliban sempat mengklaim, para pejuangnya berhasil menguasai banyak wilayah di Tarin Kot. Pertempuran dilaporkan berlangsung di sekitar markas-markas besar polisi, penjara utama dan kantor gubernur.

Para pejabat propinsi mengatakan, mereka tidak meminta bantuan serangan udara untuk menghentikan serangan pemberontak karena khawatir akan jatuhnya korban jiwa dalam jumlah besar mengingat Taliban menduduki kawasan-kawasan sipil.

Media setempat mengatakan, para pejuang Taliban dari dua propinsi yang membatasi Uruzgan -- yakni Helmand dan Kandahar – datang dalam jumlah besar Rabu malam untuk mengambil alih Tarin Kot, melampaui jumlah tentara pemerintah yang ditempatkan di sana. Masih menurut media setempat, ratusan anggota pasukan Khusus Afghanistan kemudian didatangkan untuk membantu menghalau Taliban. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG