Tautan-tautan Akses

Passos Coelho, Perdana Menteri Baru Portugal


Pedro Passos Coelho, bergembira bersama pendukungnya di Lisbon setelah kemenangan dalam pemilu parlemen (5/6).

Pedro Passos Coelho, bergembira bersama pendukungnya di Lisbon setelah kemenangan dalam pemilu parlemen (5/6).

Coelho dan Partai Demokrat Sosial memenangkan pemilu parlemen bulan ini, menggulingkan golongan Sosialis dari kekuasaan.

Presiden Portugal Anibal Cavaco Silva telah menunjuk pemimpin berhaluan kanan-moderat Passos Coelho sebagai perdana menteri baru negara yang menghadapi masalah keuangan itu.

Coelho dan Partai Demokrat Sosialnya memenangkan pemilu parlemen bulan ini, yang menggulingkan golongan Sosialis dari kekuasaan. Perdana Menteri baru itu mengatakan ia akan bekerja dengan cepat untuk membentuk pemerintahan koalisi baru dengan golongan kanan CDS-PP dan mulai bekerja untuk menyelesaikan masalah ekonomi negara itu.

Pemerintah baru itu akan harus melaksanakan beberapa pemotongan pengeluaran yang besar dan tidak populer dan reformasi ekonomi yang dituntut oleh Uni Eropa dan Dana Moneter Internaional, IMF.

Uni Eropa dan IMF memberi Portugal dana talangan 110 milyar dolar sebagai imbalan pelaksanaan reformasi yang bertujuan untuk membantu negara itu pulih dari masalah ekonomi.

Mantan Perdana Menteri Jose Socrates dari golongan Sosialis meletakkan jabatan bulan Maret ketika parlemen-lama menolak paket reformasi ekonominya. Socrates sebelumnya telah berusaha keras untuk menghindari pertolongan dari Uni Eropa dan IMF.

XS
SM
MD
LG