Tautan-tautan Akses

Paskibra di Amerika, Pancaran Patriotisme Muda-Mudi Indonesia di Rantau

  • Teddy Trilaksono

Upacara pengibaran bendera pada HUT RI ke-66 di kediaman Duta Besar Indonesia untuk AS, Dino Patti Djalal, di Washington (17/8).

Upacara pengibaran bendera pada HUT RI ke-66 di kediaman Duta Besar Indonesia untuk AS, Dino Patti Djalal, di Washington (17/8).

Bagi anak-anak muda Indonesia yang menetap di Amerika, seperti di Washington ini, ikut serta dalam upacara hari kemerdekaan RI menjadi wujud ekspresi kecintaan terhadap tanah air.

Tujuh belas Agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kita....” Lagu perjuangan gubahan H. Mutahar ini sayup-sayup terdengar mengiringi detik-detik menjelang upacara pengibaran bendera pada peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-66, di ibukota AS, Washington. Acara yang dipimpin oleh Duta Besar Indonesia untuk AS, Dino Patti Djalal ini bertempat di kediamannya, Wisma Indonesia. Udara yang cerah pagi itu dan para peserta, yang sebagian besar merupakan para warga Indonesia yang tinggal di sekitar wilayah Washington, membuat acara ini semakin meriah.

Semangat terpancar dari 27 anggota pasukan pengibaran bendera (Paskibra). Komandan Paskibra, Muhammad Aldi Fadilah, adalah siswa SMA kelas 12 di Richard Mongomery High School. Aldi telah tinggal hampir tiga tahun di Amerika. Katanya, “Motivasi saya ikut paskibraka ini, jujur saja, karena saya cinta Indonesia. I'm proud to be Indonesian.”

Para anggota Paskibra ini sudah berlatih seminggu tiga kali selama dua jam sejak akhir bulan Juni. Latihan terutama terasa berat begitu memasuki bulan puasa

Para anggota Paskibra Washington berbaris menuju tempat pengibaran bendera.

Para anggota Paskibra Washington berbaris menuju tempat pengibaran bendera.

Rasa rindu akan tanah air mendorong peserta Paskibra lainnya, Levi Yudha Suryadinata, untuk ikut serta dalam acara tahunan ini. Mahasiswa Ilmu Politik di Montgomery College ini merasa, "Walaupun kita jauh, tapi kita harus tetap satu."

Selain warga Indonesia, juga hadir para tamu undangan dan warga Amerika yang tertarik untuk ikut dalam seremoni ini. Salah satunya Jeniffer Price, seorang mahasiswa pascasarjana yang baru lulus dari Universitas Delaware. Price yang hadir memakai busana batik ini tampak antusias mengikuti rangkaian acara upacara bendera. "Saya tak tahu banyak tentang kemerdekaan Indonesia, tapi saya sangat tertarik mempelajarinya," tutur Price.

Paduan suara dan pengiring musik membawakan lagu-lagu kebangsaan Indonesia (17/8).

Paduan suara dan pengiring musik membawakan lagu-lagu kebangsaan Indonesia (17/8).

Di akhir upacara, kembali mengalun lagu-lagu kebangsaan dari kelompok paduan suara yang terdiri dari putra-putri warga Indonesia di Washington, yang tergabung dalam Indonesian Kids Performing Arts (IKPA). Salah satu pengiring paduan suara ini adalah Fibi Hasnan yang memainkan biola. Fibi yang kelahiran Amerika ini selalu mengikuti upacara ini setiap tahunnya. "Saya sangat bahagia merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Saya senang berada di sini setiap tahunnya," tuturnya dalam bahasa Inggris.

"I enjoy my Indonesian heritage," ujar Fibi. "Dan, saya tak ingin kehilangan perasaan ini, hingga saya tua nanti."

XS
SM
MD
LG