Tautan-tautan Akses

Pasca Terapi Kanker, Presiden Hugo Chaves akan Kembali ke Venezuela


Presiden Hugo Chavez melambaikan tangan kepada pendukungnya dari istana kepresidenan Miraflores di Caracas, Venezuela (13/4).

Presiden Hugo Chavez melambaikan tangan kepada pendukungnya dari istana kepresidenan Miraflores di Caracas, Venezuela (13/4).

Presiden Venezuela Hugo Chaves mengatakan ia akan pulang dari Kuba hari Kamis, dan mencela desas-desus bahwa ia telah meninggal dunia pekan ini, atau meninggal ketika menjalani pengobatan kanker di Havana.

Chavez mengatakan demikian hari Senin kepada televisi pemerintah Kolombia. Wawancara melalui telepon mengakhiri kebungkamannya selama lebih seminggu, ketika ia hanya berkomunikasi ke negaranya melalui pesan singkat Twitter dan pernyataan tertulis lainnya.

Kebungkamannya yang lebih lama daripada biasanya itu menimbulkan spekulasi mengenai kesehatan pemimpin sosialist yang berusia 57 tahun itu, yang sedang berusaha memperoleh masa jabatan enam tahun berikut sebagai presiden dalam pemilihan presiden bulan Oktober.

Sekalipun ia mengakui bahwa terapi radiasinya sangat berat, Chavez membantah mengalami komplikasi, dengan mengatakan desas-desus demikian adalah bagian dari strategi borjuis yang membelanya sebagai hak rakyat Venezuela.

Ia juga mengatakan ia akan segera kembali ke Kuba untuk menjalani satu babak pengobatan lagi, walaupun sebelumnya telah mengemukakan bahwa babak radiasi yang sekarang adalah yang terakhir baginya.
XS
SM
MD
LG