Tautan-tautan Akses

Pasca Kudeta, Presiden Terguling Mali Buka Suara


Presiden Mali yang digulingkan, Amandou Toumani Toure (Foto: dok).

Presiden Mali yang digulingkan, Amandou Toumani Toure (Foto: dok).

Pemimpin terguling Mali Amadou Toumani Toure akhirnya buka suara,Rabu (28/3), dan menenangkan masyarakat bahwa ia tidak dalam tahanan.

Dalam pembicaraan telepon dengan para wartawan dari tempat yang dirahasiakan, Toure mengatakan ia berada di Mali dan bebas. Ia memberitahu kantor berita Perancis bahwa ia berada di ibukota Bamako dan mengatakan krisis politik di negara itu perlu diakhiri.

Toure digulingkan dalam kudeta pekan lalu dan tempatnya berada tidak diketahui sejak itu, yang menimbulkan kekhawatiran bahwa tentara pemberontak yang menggulingkannya telah memasukkannya ke dalam tahanan.

Tentara tersebut menuduh Presiden Toure salah menangani tanggapan negara terhadap pemberontakan suku Tuareg di utara. Tentara yang menggulingkan pemimpin yang terpilih secara demokratis itu telah menuai kecaman internasional karena mereka merebut kekuasaan.

Masyarakat Ekonomi Negara-negara Afrika Barat, ECOWAS, telah mengancam sanksi terhadap penguasa militer yang baru itu dan kemungkinan tindakan militer kalau perlu. Blok kawasan itu mengatakan mereka akan mengirim paling sedikit lima kepala negara ke Mali sebelum hari Kamis untuk merundingkan kembalinya Toure dan pemerintahannya. Mereka mengatakan telah menyiapkan pasukan penjaga perdamaian untuk dikerahkan, Selasa (27/3).

Jurubicara ECOWAS Sonny Ugoh mengatakan kepada VOA bahwa kudeta tidak akan ditolerir. Ia mengatakan Ecowas yakin junta militer di Mali akan mengalah kalau ditekan.

Tetapi, ribuan orang berpawai di Bamako hari Rabu untuk menunjukkan dukungan pada junta, meskipun tentangan internasional kian memuncak.
XS
SM
MD
LG