Tautan-tautan Akses

Pasca Pendudukan Kuil Sikh, Polisi Inggris Tangkap 55 Orang


Kuil ummat Sikh 'The Gurdwara Sahib' di Leamington Spa, Inggris (foto: ilustrasi).

Kuil ummat Sikh 'The Gurdwara Sahib' di Leamington Spa, Inggris (foto: ilustrasi).

Polisi Inggris menangkap 55 orang terkait pendudukan atas sebuah kuil Sikh di kota Leamington Spa, Inggris hari Minggu (11/9).

Polisi Inggris menangkap 55 orang dan merampas beberapa senjata tajam setelah puluhan orang menduduki sebuah kuil Sikh di kota Leamington Spa, Inggris hari Minggu (11/9). Satu kelompok anak muda Sikh mengatakan mereka memprotes penggunaan kuil itu untuk perkawinan antar-keyakinan.

The Warwickshire Police mengatakan polisi dipanggil Minggu (11/9) pagi ke kuil Gurdwara Sahib Leamington dan Warwick di Leamington Spa, suatu kota yang terletak sekitar 160 kilometer barat laut London.

Polisi tadinya mengatakan kelompok itu beranggotakan 20-30 orang. Namun beberapa jam setelah insiden itu, polisi mengatakan telah menangkap 55 orang yang diduga melakukan pelanggaran berat. Ditambahkan, tidak ada korban luka-luka dalam insiden itu.

Polisi juga mengatakan “sejumlah senjata tajam”, disita meski tidak disebutkan jenisnya. Di antara yang ditangkap terdapat sejumlah laki-laki Sikh yang membawa pedang upacara yang dikenal sebagai kirpan. Polisi menambahkan insiden itu tidak terkait terorisme, tetapi merupakan “eskalasi perselisihan lokal yang sudah berlangsung lama’’.

Kelompok yang disebut Sikh Youth Birmingham menulis di Facebook bahwa demonstrasi damai yang berlangsung itu menentang perkawinan antar-keyakinan yang diselenggarakan di kuil itu. Mereka mengatakan ingin menjunjung tinggi “kesucian” upacara perkawinan agama Sikh.

Sebelumnya memang ada sebagian penganut Sikh yang menolak perkawinan antar-keyakinan berlangsung di kuil-kuil Sikh. [em/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG