Tautan-tautan Akses

Pasca Pemakzulan, Masa Depan Brazil Penuh Tantangan Berat


Penjabat Presiden Brazil Michel Temer di Istana Planalto, Brasilia (12/5). (Reuters/Ueslei Marcelino)

Penjabat Presiden Brazil Michel Temer di Istana Planalto, Brasilia (12/5). (Reuters/Ueslei Marcelino)

Presiden Michel Temer juga harus menyelamatkan perekonomian terbesar di Amerika Latin itu dari resesi terburuk sejak tahun 1930-an

Presiden sementara Brazil Michel Temer menghadapi tantangan yang luar biasa besar.

Presiden berusia 75 tahun itu harus melawan virus Zika, yang telah menyebabkan kelahiran cacat dan mempengaruhi ribuan keluarga di negara bagian miskin di Brazil timur laut.

Temer juga harus menyelamatkan perekonomian terbesar di Amerika Latin itu dari resesi terburuk sejak tahun 1930-an, kemungkinan besar dengan memangkas sistem pensiun dan anggaran kesejahteraan sosial yang sangat ditentang dan pasti akan memicu demonstrasi.

Ia harus memenangkan kembali kepercayaan rakyat yang yakin bahwa hampir semua politisi termasuk dia sendiri, telah memperkaya diri dengan uang rakyat.

Ia juga harus memulai tugas besar menyelenggarakan Olimpiade yang tinggal beberapa bulan lagi sementara pendahulu dan bekas sekutu yang kini menjadi musuhnya, Dilma Rousseff masih tinggal di istana presiden dan mengumpulkan pendukung dengan mengatakan ia adalah korban kudeta pimpinan Temer.

Konsultan yang berkantor di Brasilia, Alexandre Barros mengatakan kombinasi semua faktor ini sangat berat. Semua orang tidak suka dengan situasi tersebut tapi tidak seorangpun tahu apa yang harus dilakukan.

Demi 200 juta rakyat di negara itu dan semua negara Amerika Selatan yang kekayaannya terkait dengan perekonomian Brazil, semua orang berharap Temer tahu apa yang akan dilakukannya.

Temer, politisi yang istrinya mantan peserta lomba kecantikan berusia 32 tahun itu, mulai menjabat hari Kamis (12/5) hanya beberapa jam setelah Senat memutuskan untuk memakzulkan Rousseff, atas dugaan menggunakan trik-trik keuangan ilegal untuk menutupi defisit dalam anggaran federal.

Rousseff berkeras ia tidak bersalah dan bertekat untuk melawan, sementara Senat melangsungkan proses terkait isu itu yang bisa memakan waktu sampai enam bulan.

Jika Senat memutuskan untuk memecat Rousseff, Temer akan menyelesaikan masa jabatannya sampai tahun 2018.

Temer sebelumnya dipuji karena memilih seorang anggota kabinet, Menteri Keuangan Henrique Meirelles yang sangat dihormati karena menjabat sebagai pemimpin Bank Sentral pada tahun-tahun jaya dari 2003-2010. [my/ii]

XS
SM
MD
LG