Tautan-tautan Akses

Pasca Kerusuhan, PM Lesotho Akan Temui Presiden Afrika Selatan


Seorang pekerja memasang poster yang memperlihatkan berita utama surat kabar di Maseru, Lesotho (31/8). (Reuters/Siphiwe Sibeko)
Seorang pekerja memasang poster yang memperlihatkan berita utama surat kabar di Maseru, Lesotho (31/8). (Reuters/Siphiwe Sibeko)

Thomas Thabane akan bertemu dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dan Wakil Perdana Menteri Lesotho Minster Mothetjoa Metsing, yang dituduh Thabane telah merekayasa kerusuhan tersebut.

Perdana Menteri Lesotho, sebuah kerajaan kecil di selatan Afrika, kini berada di Afrika Selatan untuk membahas kerusuhan baru-baru ini di negaranya/ yang oleh sebagian orang digambarkan sebagai upaya kudeta.

Perdana Menteri Thomas Thabane akan bertemu dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dan Wakil Perdana Menteri Lesotho Minster Mothetjoa Metsing, yang dituduh Thabane telah merekayasa kerusuhan tersebut.

Suara tembakan terdengar di ibukota Lesotho, Maseru, Sabtu (30/8). Kelompok bersenjata yang diduga anggota tentara mengepung pemukiman perdana menteri Thabane dan seorang pejabat tinggi polisi serta melucuti dua pos keamanan polisi.

Thabane menggambarkan kerusuhan itu sebagai upaya kudeta, tetapi juru bicara militer Mayor Ntlele Ntoi mengatakan militer justru berupaya mengamankan negara itu menjelang demonstrasi massal anti-pemerintah yang dijadwalkan Senin.

Pejabat-pejabat militer Lesotho mengatakan tentara telah kembali ke barak dan negara itu kini tenang.

XS
SM
MD
LG