Tautan-tautan Akses

Pasca-Kebakaran Hebat, Taman Bastrop di Texas Berangsur Pulih

  • Selah Hennessy

Taman Bastrop di Texas luluh lantak dalam kebakaran hebat September 2011 lalu, yang merupakan yang terburuk di negara bagian Texas.

Taman Bastrop di Texas luluh lantak dalam kebakaran hebat September 2011 lalu, yang merupakan yang terburuk di negara bagian Texas.

Setelah dilanda kebakaran hutan paling parah dalam sejarah negara bagian Texas tahun ini, Taman Bastrop berupaya memulihkan kembali kondisinya dengan mengendalikan erosi tanah dan menanam kembali pepohonan, mengatasi masalah seperti yang banyak dihadapi negara berkembang.

Taman Bastrop seluruhnya hancur karena kebakaran bulan September lalu. Kini para sukarelawan bekerja keras untuk memulihkan kehidupan hutan disana.

Page Handy mengatakan langkah pertama adalah membuat taman itu aman.

“Yang kami lakukan adalah menyingkirkan pohon-pohon yang berbahaya, apa saja yang terbakar di bagian bawah pohon yang besar, risikonya adalah roboh ketika tertiup angin atau semacamnya,” kata Handy.

Sebagian pohon selamat dari kebakaran dan masih berdiri tegak. Tetapi, banyak kawasan yang terbakar habis.

Pengelola taman itu Roger Dolle mengatakan proses peremajaan sedang dimulai.

“Kalau kita sudah membuat taman aman dan, setidaknya, sebagian besar bisa dibuka bagi pengunjung, mudah-mudahan akan ada pemasukan kembali untuk taman. Langkah besar berikutnya adalah mengatasi erosi,” ujarnya.

Dolle mengatakan melindungi tanah dari hujan dan angin adalah proyek besar. Untuk melakukannya jutaan pohon baru akan ditanam.

Tetapi Dolle mengatakan kekeringan yang melanda di Texas menjadi masalah.

“Akan sangat buruk hasilnya jika kita menanam 1,1 juta pohon atau bibit apa saja yang kita peroleh dari biji-bijian di tanah, karena tidak ada hujan dan kelembaban. Jadi kita harus menunggu datangnya hujan dengan curah yang banyak,” papar Dolle.

Proses ini akan memakan waktu lebih lama dari masa hidup Dolle.

“Mungkin perlu 10-20 tahun lagi sebelum tempat ini bisa kembali tampak seperti taman, di mana sebagian besar berwarna hijau, sehingga kita tidak melihat pohon hangus lagi. Kebanyakan besar erosi akan tertangani. Sebagian besar semak akan tumbuh lagi. Kira-kira perlu waktu 50-100 tahun sebelum kita mendapat pohon pinus seperti tiga bulan lalu,” paparnya lagi.

Eric Hudson yang bekerja menangani masalah lingkungan mengatakan proses itu lama tetapi alam sangat gigih.

“Ekosistem seperti ini menyesuaikan keadaan dengan kebakaran hutan. Hanya kehebatannya yang berubah. Kebakaran yang baru terjadi sangat hebat dan dampaknya besar, tetapi taman ini sudah pernah mengalaminya. Kita cenderung melihat sesuatu berdasarkan skala manusia dan mungkin itu tidak selamanya tidak berlaku di sini,” kata Hudson.

XS
SM
MD
LG