Tautan-tautan Akses

Pasca Gempuran, Warga Suriah Lancarkan Demonstrasi


Pemakaman seorang anggota Tentara Pembebasan Suriah di Marea (9/8).

Pemakaman seorang anggota Tentara Pembebasan Suriah di Marea (9/8).

Menurut wartawan VOA Scott Bobb, penduduk tegang di seluruh Suriah utara sementara mereka mempersiapkan perayaan Idul Fitri.

Ribuan warga Suriah turun ke jalanan Jumat (17/8) dalam sebuah demonstrasi anti-pemerintah, selagi pasukan udara Suriah menyerang pusat-pusat oposisi di kota Aleppo dan bertempur melawan pemberontak di beberapa bagian kota Damaskus.

Wartawan VOA Scott Bobb mengatakan ia menyaksikan demonstrasi di kota Marea, Suriah utara yang diadakan sebagai ungkapan belasungkawa bagi puluhan orang yang tewas atau terluka pekan ini ketika sebuah jet tempur Suriah membom kota Azaz.

Bobb mengatakan penduduk tegang di seluruh Suriah utara sementara mereka mempersiapkan perayaan Idul Fitri.

Para aktivis oposisi Suriah mengatakan pasukan Presiden Bashar al-Assad menggempur bagian-bagian kota Damaskus dan Aleppo hari Jumat.

Organisasi Pengamat HAM Suriah di Inggris juga melaporkan bentrokan antara pasukan pemerintah dan pemberontak di dekat bandara militer utama di Damaskus.

Rami Abdul Rahman, direktur organisasi yang berkantor pusat di Inggris itu mengatakan kepada VOA, aksi kekerasan terbaru terjadi setelah sedikitnya 180 orang tewas di seluruh pelosok Suriah hari Kamis. Ia mengatakan mayat 65 orang lagi yang tidak dikenal ditemukan di kota Qatana, Damaskus barat daya.
XS
SM
MD
LG