Tautan-tautan Akses

Pasar-pasar Saham Asia Jatuh akibat Kekhawatiran Resesi Amerika


Suasana turunnya saham-saham Asia di lantai bursa saham Tokyo (5/9).

Suasana turunnya saham-saham Asia di lantai bursa saham Tokyo (5/9).

Kerugian terbesar dialami oleh perusahaan-perusahaan Asia yang menggantungkan perdagangan ekspor ke Amerika, termasuk produsen utama elektronik Sony, Panasonic dan Sharp.

Pasar-pasar saham Asia hari Senin mengalami kerugian besar ditengah-tengah kekhawatiran terkait angka-angka lapangan kerja yang mengecewakan di Amerika.

Indeks utama Korea Selatan turun 4,39 persen pada penutupan, sedangkan kerugian mencapai 2,3 persen di Australia dan 1,8 persen di Jepang. Indeks utama Hong Kong turun lebih dari 2,5 persen pada perdagangan terakhir.

Analis-analis mengatakan dijualnya saham-saham adalah reaksi terhadap laporan lapangan kerja Amerika hari Jumat, dengan kerugian terbesar dialami berbagai perusahaan Asia yang tergantung pada ekspor ke Amerika. Saham-saham produsen elektronik utama seperti Sony, Panasonic dan Sharp turun lebih dari 3 persen pada perdagangan pagi.

Indeks Dow Jones turun 2,2 persen di New York hari Jumat setelah pemerintah melaporkan tidak terjadi penambahan lapangan kerja sama sekali pada bulan Agustus, dan meningkatkan kekhawatiran resesi setelah sempat terjadi pemulihan. Pasar-pasar saham Amerika hari Senin tutup karena libur Hari Buruh.

XS
SM
MD
LG