Tautan-tautan Akses

Pasar-pasar Asia Naik, Jepang Lewati Perkiraan PDB


Seorang warga mengamati papan elektronik indeks Nikkei di Tokyo. Pasar-pasar Asia mengalami kenaikan hari Senin (15/8).

Seorang warga mengamati papan elektronik indeks Nikkei di Tokyo. Pasar-pasar Asia mengalami kenaikan hari Senin (15/8).

Pasar-pasar global naik turun secara tajam minggu lalu karena investor gelisah akibat memburuknya krisis utang di Eropa dan AS.

Pasar-pasar saham Asia naik hari Senin, menikmati reli di pasar global dan laporan bahwa ekonomi Jepang yang terguncang akibat gempa bumi turun lebih sedikit dari perkiraan dalam periode April hingga Juni.

Produk Domestik Bruto (PDB) Jepang turun 0,3 persen selama tiga bulan selagi produsen bergelut dengan dampak gempa bumi dan tsunami tanggal 11 Maret lalu. Penurunan itu lebih baik dibanding penurunan sebesar 0,9 persen antara Januari dan Maret, dan juga secara umum lebih baik dari perkiraan para analis pasar.

Indeks saham Nikkei di Jepang ditutup naik hampir 1,4 persen, sementara indeks Hang Seng Hong Kong naik lebih dari 3 persen pada penutupan. Indeks-indeks lain di Asia naik antara 1 dan 2 persen.

Pasar-pasar global naik turun secara tajam minggu lalu karena investor gelisah akibat memburuknya krisis utang Eropa, reaksi terhadap penurunan kredit utang Amerika dan kekhawatiran Amerika akan terjadinya resesi lagi.

XS
SM
MD
LG