Tautan-tautan Akses

Pasangan AS Dijatuhi Hukuman Penjara Atas Pembunuhan Turis di Bali

  • Associated Press

Pasangan warga AS Heather Mack (kiri) dan Tommy Schaefer duduk dalam bus penjara di pengadilan Denpasar menyusul vonis untuk mereka (21/4). (Reuters/Darren Whiteside)

Pasangan warga AS Heather Mack (kiri) dan Tommy Schaefer duduk dalam bus penjara di pengadilan Denpasar menyusul vonis untuk mereka (21/4). (Reuters/Darren Whiteside)

Pengadilan Denpasar menjatuhi Tommy Schaefer hukuman 18 tahun penjara dan Heather Mack 10 tahun karena dengan sengaja membunuh ibu Mack saat berlibur di Bali Agustus lalu.

Pengadilan Denpasar memvonis pasangan Amerika bersalah atas pembunuhan berencana dan menjatuhi mereka hukuman penjara, Selasa (21/4), atas pembunuhan ibu sang perempuan.

Majelis hakim menjatuhi Tommy Schaefer hukuman 18 tahun penjara dan Heather Mack 10 tahun karena dengan sengaja membunuh Sheila von Wiese-Mack saat berlibur di Bali Agustus lalu. Mayatnya yang luka parah ditemukan di dalam koper di bagasi sebuah taksi di St. Regis Bali Resort.

Majelis hakim beranggotakan tiga orang memutuskan memberi kelonggaran pada Mack, 19, karena ia baru melahirkan.

"Bayinya yang baru lahir memerlukan kasih dan air susu ibu," menurut keputusan hakim.

Pengadilan memutuskan bahwa Schaefer, 21, bersalah memukuli von Wiese-Mack sampai mati di sebuah kamar hotel di resor tersebut, dan bahwa pacaranya Mack membantu pembunuhan yang terjadi pada 12 Agustus itu.

Schaefer dan Mack, keduanya dari Chicago, disidang secara terpisah di pengadilan yang sama dengan majelis hakim dan para jaksa penuntut yang sama.

Mereka ditangkap sehari setelah mayat von Wiese-Mack, 62, ditemukan dalam bagasi taksi.

Mereka diberi waktu seminggu untuk memutuskan apakah akan naik banding.

Dakwaan pembunuhan berencana memiliki penalti maksimal hukuman mati. Para jaksa menuntut 18 tahun penjara untuk Schaefer dan 15 tahun untuk Mack.

Hakim ketua Made Suweda menyebut tindakan Schaefer sadis, namun kesopanannya dan ekspresi penyesalan selama sidang membuatnya tidak mendapat hukuman yang lebih berat.

Schaefer mengatakan dalam sidang bahwa von Wiese-Mack marah saat mengetahui putrinya hamil dan mencoba mencekiknya, membuat Schaefer memukulnya dengan mangkuk logam.

Para jaksa mengatakan Mack membantu Schaefer memasukkan mayat ibunya ke dalam koper dengan mendudukinya agar Schaefer dapat menutup koper tersebut. Mereka kemudian menyimpan koper di dalam bagasi taksi dan memberitahu supir taksi mereka akan membereskan administrasi hotel dan kembali. Tapi mereka tidak pernah kembali ke taksi, menurut para jaksa.

Mereka mengatakan Mack dan Schaefer berencana membunuh ibu Mack karena ia tidak merestui hubungan mereka, dan Mack suatu kali mengusulkan agar Schaefer menyewa pembunuh bayaran dengan biaya US$50.000.

Von Wiese-Mack merupakan janda komponis jazz dan klasik James L. Mack, yang meninggal dunia pada 2006 pada usia 76 tahun.

XS
SM
MD
LG