Tautan-tautan Akses

Kurang dari 10 Persen Pemilih Berikan Suara dalam Pemilu Mesir


Para pemilih Mesir saat memberikan suara di sebuah TPS di Giza, Kairo, Minggu (18/10).

Para pemilih Mesir saat memberikan suara di sebuah TPS di Giza, Kairo, Minggu (18/10).

Para analis menyuarakan keprihatinan mendalam akan rendahnya partisipasi pemilih dalam pemilu parlemen di Mesir, yang diperkirakan kurang dari 10 persen.

Pemerintah Mesir memberi pegawai negeri libur setengah hari Senin (19/10) dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih yang rendah untuk pemilihan parlemen pertama negara itu sejak parlemen yang didominasi kaum Islamis dibubarkan dengan keputusan pengadilan tahun 2012.

Tapi pemilih tampaknya menghindari kotak suara untuk hari kedua, menyoroti meningkatnya kekecewaan sejak militer merebut kekuasaan pada tahun 2013 dan berjanji untuk memulihkan demokrasi. Jumlah pemilih yang rendah itu sangat berbeda dengan antrian panjang pada pemilu 2011-2012.

Keputusan untuk memberikan pegawai negeri libur setengah hari itu mencerminkan keprihatinan yang mendalam akan partisipasi pemilih, yang menurut analis mungkin tidak melebihi 10 persen.

Hasil akhir dijadwalkan akan diumumkan Desember dan badan legislatif dengan 596 kursi itu diperkirakan akan mengadakan sidang perdananya pada bulan yang sama. [as]

XS
SM
MD
LG