Tautan-tautan Akses

Partai yang Berkuasa di Haiti Minta Calonnya Menarik Diri


Gambar Jude Celestin (kiri) dalam poster calon presiden Haiti, terlihat di Port-au-Prince.

Gambar Jude Celestin (kiri) dalam poster calon presiden Haiti, terlihat di Port-au-Prince.

Partai INITI di Haiti mengeluarkan pengumuman bahwa calon presidennya, Jude Celestin, menarik diri dari pilpres putaran kedua.

Partai yang berkuasa di Haiti mengatakan pihaknya telah meminta calonnya agar menarik diri dari pemilu presiden putaran kedua di negara ini. Tetapi, tidak segera jelas apakah pernyataan partai tersebut cukup untuk mengakhiri pencalonan Jude Celestin.

Partai INITI mengeluarkan pengumuman mengenai Jude Celestin dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu.

Tindakan tersebut dilakukan setelah adanya tekanan yang dipimpin Amerika terhadap Haiti agar menerima rekomendasi oleh Organisasi Negara-negara Benua Amerika (OAS) dan mengeluarkan Celestin dari persaingan memperebutkan jabatan presiden. Laporan OAS menyebut adanya ketidakberesan dan kecurangan dalam putaran pertama pemilu itu, yang diadakan pada tanggal 28 November lalu.

Ketua Senat Haiti, Kely Bastien, mengatakan kepada VOA bahwa partai INITI meminta Celestin agar menarik diri dari pemilu. Tetapi secara hukum, hanya calon yang bersangkutan yang bisa melakukan hal tersebut. Bastien mengatakan sampai sekarang ini, Celestin belum bersedia untuk menarik diri.

Sementara itu, Bastien mengatakan Presiden Haiti Rene Preval mendukung keputusan partai tersebut.

XS
SM
MD
LG