Tautan-tautan Akses

Partai Sosialis Perancis Peroleh Mayoritas dalam Senat


Partai UMP pimpinan Presiden Nicolas Sarkozy dipastikan menderita kekalahan dari Partai Sosialis di Senat Perancis (25/9).

Partai UMP pimpinan Presiden Nicolas Sarkozy dipastikan menderita kekalahan dari Partai Sosialis di Senat Perancis (25/9).

Partai Sosialis telah memenangkan separuh kursi Senat yang tadinya dikuasai partai UMP yang berkuasa, pimpinan Presiden Sarkozy.

Kelompok oposisi Perancis, Partai Sosialis telah memenangkan separuh kursi Senat yang tadinya dikuasai partai yang berkuasa, suatu pukulan besar bagi partai UMP pimpinan Presiden Nicolas Sarkozy.

Walaupun angka resmi belum diumumkan, Partai Sosialis mengatakan telah mendapat 23 kursi yang dibutuhkan untuk menjamin mayoritas dalam Senat Perancis yang beranggotakan 348 orang.

Hasil pemilihan umum itu muncul hanya tujuh bulan sebelum pemilihan presiden. Tingkat mayoritas dalam Senat itu tidak punya dampak langsung pada pemilihan presiden bulan April tahun depan, tapi menunjukkan ketidak puasan pemilih atas kinerja partai UMP pimpinan Sarkozy.

Sarkozy, yang mendapat kecaman keras karena caranya menangani perekonomian dan pengangguran, juga sedang terlibat dalam penyelidikan tentang korupsi dalam penjualan senjata ke luar negeri.

XS
SM
MD
LG