Tautan-tautan Akses

Partai Republik Raih Kemenangan Besar dalam Pemilu AS


Anggota DPR Partai Republik, John Boehner hampir dapat dipastikan akan menjadi Ketua DPR AS menggantikan Nancy Pelosi.

Anggota DPR Partai Republik, John Boehner hampir dapat dipastikan akan menjadi Ketua DPR AS menggantikan Nancy Pelosi.

Tokoh Republik kedua di DPR AS, Eric Cantor mengatakan hari ini, hasil pemilihan memperlihatkan bahwa rakyat “kecewa dengan Washington.”

Pihak oposisi Republik berhasil meraih kendali dari DPR Amerika, ini merupakan peralihan kekuasaan terbesar di lembaga itu dalam kurun waktu lebih dari 70 tahun.

Kandidat Republik memenangkan paling sedikit 60 kursi dalam pemilihan Selasa, jauh lebih banyak dari 39 kursi yang dibutuhkan untuk mengambil alih kendali di DPR.

Tokoh Republik kedua di DPR, Eric Cantor mengatakan Rabu, hasil pemilihan memperlihatkan rakyat “kecewa dengan Washington.” Ia mengatakan bisnis pertama yang akan ditangani DPR adalah penciptaan lapangan pekerjaan.

DPR yang dikuasai Republik ini juga berjanji akan melakukan penghematan sebesar 100 miliar tahun depan lewat pemotongan belanja ke tingkat 2008, kecuali belanja program untuk pasukan, veteran militer dan manula.

Pemimpin minoritas DPR John Boehner, yang hampir pasti akan menjadi ketua DPR, menyebut hasil pemilihan ini menunjukkan kebijakan Presiden Obama dan partainya tidak disukai, dan mengatakan kepada pendukungnya Selasa “malam ini hal-hal ini akan berubah.”

Ke 435 kursi di DPR dipertaruhkan dalam pemilihan ini, tetapi pertarungan untuk mengendalikan majelis ini ditentukan oleh 100 kampanye yang berlangsung ketat.

XS
SM
MD
LG