Tautan-tautan Akses

AS

Partai Republik Kecam Gedung Putih karena Pertukaran Tawanan


Presiden AS Barack Obama melakukan konferensi pers bersama orang tua Sersan Bowe Bergdahl, Jani Bergdahl dan Bob Bergdahl hari Sabtu (31/5).

Presiden AS Barack Obama melakukan konferensi pers bersama orang tua Sersan Bowe Bergdahl, Jani Bergdahl dan Bob Bergdahl hari Sabtu (31/5).

Partai Republik menyambut pembebasan Sersan Bowe Bergdahl dari tawanan Taliban, tetapi mengecam Obama karena bernegosiasi dengan teroris.

Partai Republik mengatakan mereka senang melihat prajurit angkatan darat Amerika Sersan Bowe Bergdahl bebas dari tawanan Taliban di Afghanistan, tetapi mengecam pemerintahan Obama atas apa yang mereka katakan sebagai negosiasi dengan teroris.

Anggota Kongres Mike Rogers, dalam acara di stasiun televisi CNN hari Minggu (1/6), mengatakan teroris kini akan mendapat insentif untuk menyandera orang Amerika.

Senator John McCain, mantan tawanan dalam perang Vietnam, dalam acara di stasiun televisi CBS, mengatakan ke-lima ekstrimis Taliban yang dibebaskan sebagai imbalan atas pembebasan Bergdahl adalah orang-orang yang paling militan yang satu hari nanti bisa kembali memerangi Amerika.

Anggota Kongres Adam Kinzinger dalam acara di stasiun televisi NBC menyatakan ia terkejut dan mengatakan undang-undang mengharuskan pejabat-pejabat memberitahu Kongres ketika menegosiasi pertukaran tawanan.

Dalam acara yang sama, Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel menjelaskan, Kongres tidak harus diberitahu karena pejabat-pejabat khawatir nyawa Bergdahl dalam bahaya. Ia mengatakan Amerika berkewajiban membawa pasukan pulang dari medan perang.

Sementara itu, tawanan perang yang baru dibebaskan Sersan angkatan darat Amerika Bowe Bergdahl dirawat di rumahsakit militer Amerika di Jerman.

Tim dokter akan mengevaluasi kondisinya dan melakukan pengobatan yang diperlukan. Mereka mengatakan akan melakukan apa yang disebut kecepatan yang nyaman menuju kesembuhannya.

Orangtua Bergdahl, Bob dan Jani, membacakan pesan bagi anak mereka hari Minggu dalam jumpa pers di negarabagian asal mereka, Idaho. Mereka mengatakan harapan mereka tidak pernah pupus dan mendesak anak mereka agar mempercayai semua orang yang mengupayakan kesembuhannya.

Mereka juga mengatakan bangga padanya karena ingin membantu orang-orang Afghanistan.

Taliban di Afghanistan membebaskan Bergdahl hari Sabtu sebagai imbalan atas pembebasan lima ekstremis yang ditahan di penjara militer Teluk Guantanamo, Kuba.
XS
SM
MD
LG