Tautan-tautan Akses

Partai Republik: Energi Politik Ada di Pihak Kami


Presiden Obama tetap akan memimpin Amerika sampai 2012 meski partainya kalah dalam pemilu sela.

Presiden Obama tetap akan memimpin Amerika sampai 2012 meski partainya kalah dalam pemilu sela.

Para pakar politik memperkirakan Partai Republik akan memenangkan pemilu sela Amerika tahun ini.

Para pakar politik mengatakan semua tanda mengarah pada perolehan suara besar bagi Partai Republik di kedua majelis Kongres: DPR dan Senat. Partai Republik berharap akan memenangkan kembali kendali Kongres yang direbut oleh Partai Demokrat dalam pemilu sela tahun 2006.

Jabatan presiden tidak diperebutkan dalam pemilu kali ini dan Presiden Obama akan tetap menjabat sampai tahun 2012.Tetapi banyak programnya akan mengalami kesulitan jika Partai Republik merebut kendali mayoritas di DPR dan memperoleh tambahan suara di Senat.

Presiden Obama telah mendesak warga Partai Demokrat di seluruh Amerika agar mendukung calon partai mereka. Ia juga membela kinerja pemerintah dalam dua tahun pertama masa jabatannya. Mantan Presiden Bill Clinton juga memberikan pesan yang sama ketika ia tampil di berbagai kampanye untuk para kandidat Partai Demokrat. Clinton mengatakan dia yakin Presiden Obama dan Kongres telah bekerja lebih baik dari perkiraan banyak orang.

Tetapi para pemimpin Partai Republik mengatakan energi politik tahun ini berada di pihak mereka. Banyak pakar politik memprediksi Partai Republik akan memenangkan kembali kendali DPR, tetapi perolehan tambahan suara untuk Senat tidak sampai mencapai mayoritas.

Sebuah studi baru-baru ini mendapati bahwa dukungan untuk Presiden Obama dan Partai Demokrat mengalami penurunan di antara beberapa kelompok pemilih. Kelompok-kelompok itu membantu mereka memenangkan pemilu dua tahun lalu. Mereka itu termasuk kelompok perempuan, pemilih independen dan warga Amerika yang kurang mampu. CBS News dan New York Times melaporkan temuan itu.

Para pakar mengatakan opini publik yang buruk mengenai perekonomian Amerika, termasuk tingkat pengangguran yang tinggi, adalah masalah utama yang dihadapi Partai Demokrat tahun ini.

Salah satu poster mendukung Partai Demokrat.

Salah satu poster mendukung Partai Demokrat.

Partai Demokrat berusaha menarik perhatian pemilih pada para kandidat Partai Republik yang mereka katakan terlalu ekstrim. Sebagian dari para kandidat itu didukung oleh kalangan konservatif dan gerakan libertarian Tea Party.

Tahun ini, dana dalam bentuk sumbangan kampanye tampaknya berpengaruh lebih besar dari pemilu-pemilu sebelumnya. Sebuah fatwa Mahkamah Agung melapangkan jalan bagi pengeluaran kampanye lebih besar untuk iklan televisi oleh kalangan bisnis dan serikat buruh. Banyak iklan televisi dibayar oleh kelompok-kelompok yang tidak memiliki hubungan dengan partai politik dan oleh para donor kaya yang tidak perlu menyebutkan jati diri mereka. Banyak iklan televisi menyerang kandidat lawan.

Kampanye pemilu tahun ini telah menjadi kampanye termahal dalam sejarah pemilu Amerika. Misalnya, Meg Whitman dari Partai Republik telah menghabiskan lebih dari 140 juta dolar dana pribadi untuk kampanyenya. Ia berusaha menjadi gubernur California, bersaing melawan mantan gubernur negara bagian itu, Jerry Brown. Kelompok-kelompok independen memperkirakan para kandidat, partai dan kelompok-kelompok independen akan menghabiskan hingga empat miliar dolar ketika pemungutan suara hari Selasa ini berakhir.

XS
SM
MD
LG